Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perbedaan Social Media Listening Tools dan Monitoring

Di era digital seperti sekarang kita harus mulai melek penggunaan media sosial ternyata dapat dimanfaatkan untuk hal positif seperti memulai bisnis. Berbisnis di sosmed dapat memantau performanya lewat social media listening tools.

Pernah mendengar antara sosmed listening dan monitoring? Kedua hal ini adalah berbeda.

Perbedaan Sosial Media Listening dan Monitoring

1. Pengertian

Secara umum, social media listening lebih fokus dalam memantau pengguna/konsumen melalui cara membalas komentar atau pesan. Social media monitoring merupakan kegiatan lebih mendalam untuk memahami target audiens Anda.

2. Pendekatan

Dari segi pendekatannya, social media listening tools langsung melihat dari gambaran besar terhadap apa yang dibicarakan. Sedangkan monitoring cenderung sifanya reaktif, dimana Anda diminta menemukan dahulu mana yang perlu direspon.

3. Skala

Monitoring cakupan skalanya lebih kecil, sementara itu listening lebih besar.

4. Tujuan

Tujuan utama dari listening adalah meluaskan raihan tujuan bisnis Anda misalnya mengembangkan produk, meningkatkan awareness konsumen. Adapun tujuan monitoring yaitu penjualan dan pelayanan konsumen.

5. Alat

Monitoring tak memerlukan alat, tetapi listening butuh alat misalnya analitik pada sosial media.

Pahami Analisis Listening dengan MataMaya

MataMaya adalah alat yang siap membantu klien dalam mengukur seberapa berhasil performa di sosial media melalui pemantauan langsung, mengidentifikasi influencer, hingga insight yang otentik. Demikian perbedaan antara social media listening tools dan monitoring. Semoga bermanfaat.