Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wifi Anycast Tidak Terdeteksi di HP, Ini Penyebab dan Solusinya !

Halo sobat, kali ini Topcuan.Com berbagi informasi untuk mengetahui apa penyebab Wifi Anycast Tidak Terdeteksi di HP dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Seperti yang kalian ketahui, Wifi Anycast  dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah smartphone ke televisi (TV) untuk menampilkan video, musik, hingga foto yang tersimpan di galery hp dengan dukungan wireless super canggih .

Sehingga, dengan menggunakan alat yang satu ini bisa mempermudah kalian menampilkan file presentasi ke TV ataupun Projector tanpa kabel untuk menyampaikan informasi kepada peserta yang hadir.

Namun, ketika menggunakan Wifi Anycast terkadang timbul masalah yang membuat pengguna pusing, salah satunya yaitu dengan notifikasi Anycast Tidak Terdeteksi di HP Samsung, Oppo, Dll.

Oleh sebab itu, lewat artikel ini kami akan memberikan informasi untuk membantu kalian mengetahui kenapa Anycast Tidak Terdeteksi di HP dan cara mengatasi masalah tersebut. Yuk, silahkan dibaca sampai tuntas.

Kenapa Wifi Anycast Tidak Terdeteksi di HP Android?

Wifi Anycast Tidak Terdeteksi di HP

Di profil Wifi hp android, Anycast tidak akan terdeteksi pada saat dihubungkan ketika menggunakan mode miracast. Karena memang hanya akan berhasil terdeteksi apabila kalian telah mengakses Tampilan Nirkabel, Smartview, Wireless Display, atau sejenisnya.

Kenapa bisa seperti itu? Yah, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah semua pengguna agar selalu terhubun dengan router wifi dan memperoleh koneksi internet. Selain itu, juga menampilkan file yang diproyeksikan ke TV melalui hp yang digunakan, karena kedua perangkat tersebut dihubungkan dengan menggunakan signal wifi secara bersamaan ke hp kalian.

Kemudian, terdapat berbagai masalah lainnya yang juga membuat Wifi Anycast tidak terdeteksi di hp kalian, yakni:

  1. Televisi yang kalian gunakan belum memiliki fitur Wifi Anycast
  2. Anycast Dongle yang kalian pynya sudah tidak berfungsi lagi alias rusak
  3. Perangkat Anycast Dongle kalian sudah terlalu panas
  4. Proses pemasangan Anycast tidak benar

Bagaimana Cara Mengatasi Wifi Anycast Tidak Terdeteksi di HP?

Proses untuk mengatasi permasalahan ini sangat tergantung kepada kendala yang terjadi pada perangkat kalian. Sebenarnya beberapa hal tersebut dapat diatasi dengan mudah, namun ada juga masalah memang tidak bisa diatasi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah Wifi Anycast tidak terdeteksi di HP:

1. Smartphone Telah Mendukung Wifi Anycast

Beberapa brand hp yang mendukung Wifi Anycast mode bawaan yaitu Samsung dan Sony (Screen Mirroring), Xiaomi dan Meizu (Wireless Display), iPhone Airplay (DLNA di ezcast).

Jika smartphone kalian belum mendukung atau memiliki aplikasi bawaan maka langsung saja download aplikasi EZCast di playstore terlebih dahulu. Selanjutnya kalian tinggal mengklik tombol Connect untuk bisa menghubungkannya.

Kemudian, jika kalian ingin mengganti mode DLNA ke miracast maka kalian perlu menekan biru yang tersedia sebanyak satu kali.

2. Menghubungkan Dengan Benar

Apabila Anycast Dongle tidak terdeteksi di tv maka kalian harus memeriksa cara penyambungannya. Jika kalian mengubungkannya tidak dengan cara yang benar maka hal tersebut adalah penyebab utamanya. Nah, solusinya yaitu usahakan agar kabel power langsung dihubungkan ke listrik (tidak boleh ke USB TV).

3. Anycast Terlalu Panas

Jika Anycast kalian terlalu panas karena terlalu lama digunakan di sepanjang hari maka hal tersebut merupakan salah satu faktor mengapa Wifi Anycast tidak terdeteksi. Jadi, solusinya kalian harus mencabut kabel penghubung terlebih dahulu kemudian membiarkan alat tersebut sampai dingin lalu menghubungkannya kembali.

4. TV Telah Memiliki Fitur Miracast

Cara lainnya untuk mengatasi Wifi Anycast tidak terbaca yaitu dengan memeriksa apakah TV yang kalian gunakan sudah memiliki fitur miracast atau belum. Silahkan cek slot HDMI di TV kalian, tidak tidak ada maka bisa dipastikan bahwa TV tersebut tidak mendukung Wifi Anycast.

5. Melakukan Uji Coba Ke TV Lain

Terakhir, kalian bisa mencoba untuk menguji Anycast Dongle ke TV lain yang telah didukung dengan fitur Wifi Anycast. Apabila perangkat tersebut dapat terhubung ke TV lain maka televisi kalian lah sedang mengalami masalah. Sebaliknya, jika tidak terbaca juga di TV lain, maka yang mengalami kerusakan adalah alat Anycast Dongle tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang kenapa Wifi Anycast Tidak Terdeteksi di HP, penyebab, dan solusi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.